Welcome

Met dateng di Napekah Tasarahai...

Sabtu, 20 Februari 2010

Pembelajaran Sastra Pada Siswa SMA

Pengajaran sastra memiliki tiga aspek yang menjadi tujuan pengajarannya, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor. Ketiganya memang berbeda, namun saling berkaitan dan saling mengisi. Adapun tujuan penyajian sastra dalam dunia pendidikan adalah untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan tentang sastra. Karya sastra yang dijadikan sebagai materi diharapkan mengandung nilai-nilai yang dapat mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya. Selain itu, proses ini diusahakan dapat memungkinkan siswa memperoleh nilai-nilai tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan.
Pembelajaran karya sastra dengan menggunakan media puisi dapat dilakukan dengan cara yang menarik, bukan dengan cara yang telah biasa didapatkan anak-anak saat belajar. Karena sastra merupakan kebebasan dalam berkreasi dan menyalurkan aspirasi baik dalam kata-kata maupun gerakan. Maka, dalam pembelajaran karya sastra terutama puisi, guru dapat mengajarkannya dengan cara yang menarik.
Cara menarik dalam penyajian pembelajaran sastra pada siswa dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengajak siswa ke luar kelas untuk mengganti suasana atau untuk memilih suasana yang mampu mendukung pembelajaran sastra, sampai pada penggunaan media yang mendukung pembelajaran tersebut (gitar pada musikalisasi puisi, dan alat-alat yang dapat menimbulkan bunyi sehingga menghidupkan dalam pembelajaran sastra itu sendiri). Akan tetapi, yang perlu diingat adalah berapa banyak pun cara yang dilakukan maupun berapa banyak pun media yang digunakan tidak akan dapat efektif apabila guru itu sendiri tidak mampu menggunakan dirinya sevagai media utama yang memiliki peran yang sangat besar dalam menjamin tercapai tidaknya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, pertama-tama yang perlu dibenahi dalam pengajaran sastra dan penanaman nilai-nilai positif adalah guru itu sendiri. Guru haruslah seseorang yang berkompeten di bidangnya. Seseorang yang memiliki kesadaran penuh dalam mengabdikan dirinya untuk mengarahkan anak didik ke arah yang lebih baik. Jika hal tersebut telah dibenahi maka penggunaan media apapun akan berkesan pada siswa karena siswa tertarik pada performansi guru mereka. Dengan demikian interaksi antara siswa dan guru dapat berjalan lancar.
Di dalam interaksi terjadi proses yang memungkinkan terjadinya pengenalan, pemahaman, penghayatan, penikmatan terhadap karya sastra, hingga akhirnya siswa mampu menerapkan temuannya dalam kehidupan nyata. Siswa diharapkan dapat memperoleh manfaat dari karya sastra yang diapresiasikannya. Adapun proses yang disebutkan di atas dapat diperjelas sebagai berikut:
1.      Pengenalan merupakan suatu proses yang melibatkan perilaku sungguh-sungguh untuk menemukan ciri-ciri umum karya sastra. Setelah proses pengenalan selesai, kemudian timbul keinginan dari siswa itu sendiri untuk mengetahui lebih banyak dan dalam lagi. Dalam hal ini guru dapat memberikan pengetahuan terhadap sastra sebagai pendahuluan dalam pemberian materi karya sastra terhadap siswa. Kegiatan ini merupakan pemenuhan terhadap ranah kognitif.
2.      Pemahaman merupakan proses yang dapat dicapai melalui 1) upaya mencari kejelasan kata-kata sulit yang digunakan, 2) membubuhkan kata sambung, dan 3) memberikan tanda baca dan tanda-tanda pertalian larik. Siswa dalam proses ini diperkenalkan pada materi karya sastra “Bangsa Kasihan".
3.      Penghayatan dapat dilihat dari indikator yang dicapai siswa. Misalnya, siswa mampu merasakan bagimana perasaan penyair melalui kritikan yang dilakukan penyair pada setiap bait puisi saat membaca sebagai rangsangan yang ditimbulkan pada karya sastra itu sendiri. Ini berarti siswa telah menyatu dengan karya sastra.
4.      Penikmatan merupakan tahap bagi siswa yang telah merasakan lebih mendalam berbagai keindahan maupun ke-kompleks-an masalah yang ditemuinya pada karya sastra. Melalui perasaan itu akan membantu siswa menemukan berbagai nilai, di antaranya nilai-nilai kehidupan yang akan membantunya menuju pola pikir yang positif.
5.      Penerapan merupakan wujud perubahan sikap yang timbul sebagai temuan nilai. Dalam hal ini siswa yang telah merasakan apa yang terdapat dalam sastra, akan memanfaatkan temuan tersebut dalam bentuk nyata, perubahan sikap dalam kehidupan. Ini merupakan pemenuhan terhadap ranah afektif.
6.      Siswa yang telah mampu mengambil nilai-nilai positif terhadap kehidupan yang terdapat dalam “Bangsa Kasihan” berarti telah mencapai apresiasi terhadap karya sastra itu. Hal ini diharapkan akan mendorong siswa untuk mampu berkarya, baik dalam bentuk membacakan karya sastra melalui pendeklamasian, sampai pada mampu membuat karya sastra itu sendiri meskipun masih dalam bentuk yang sederhana. Ini berarti pemenuhan terhadap ranah psikomotorik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar